Senin, 18 Februari 2013

PURA PURA DOKTER..!!


Memang benar mungkin istilah sosiologi yang bilang bahwa sekolah adalah wadah untuk belajar ke 2 buat anak setelah keluarga tentunya. Yup … aku banyak belajar dari sekolah tingkat dasar  yang sering di singkat dengan sebutan SD !.
Lho, … bukanya kebanyakan anak  akan memasuki pre-school terlebih dahulu untuk besrsosialisasai atau dalam istilah tradisionalnya STK, …..sebenarnya, aku juga dulu masuk STK  tapi apa mau di kata …mmmmmmm aku gak lulus STK (-_-)’’’, nah lho…..??????
Biar aku klarifiksi, sodara sodara …!!! Aku gak lulus STK bukan berarti aku gagal menghapal lagu bebek anagsa atau memainkan puzzle ya.. tapi karena memang jiwa aku udah gede ,
Rasanya jiwaku udah dipanggil untuk memakai itu baju merah putih yang agung ,dan bisa jadi anak SD yang gaul dan kecehhh.. menenteng tas bergambar Barbie buat anak cewek dan tas bergambar power ranger  ataupun ultramen buat anak cowo..
Well setelah keluar dari STK secara tidak terhormat, akupun melanjutkan pendidikan menjadi anak SD.. tapi sodara sodara, SD tempat aku sekolah dulu bukan  SD yang keren , ya mu gimana lagi ini dikarnakan aku gak punya ijazah STK dan waktu itu umur aku kurang berapa bulan katanya…
Tapi memang , pucuk dicinta ulampun tiba, SD tempat aku mendaftar itu kekurangan murud dan , YES akhirnya nerima aku jadi murid..walaupun sedikit menyebalakan karena aku gak bisa melanjutkan ke SD tempet kaka kaka aku dulu yang mana SD itu cukup keren dan bisa dibilang metropolitan karena SD itu terletak di dekat  pasar  kota Selong.
Sangat berbeda jauh  denga SD tempat aku sekolah, letaknya saja ada di pelosok dan dekat dengan kebun kebun, bayangan tentang sekelompok anak SD gaul dengan tas Barbie dan sepatu yang menyala kalau diinjek buyar seketika  , karena anak anak yang sekolah disana beberapa hanya menggunakan sandal jepit dan bahkan ada yang bertelanjang kaki , Tas…? Mereka tidak pakai tas Barbie ataupun power ranger tapi buku tulis itu mereka letakan di kantong kresek kadang ada juaga yang hanya membawnga  dalm pelukan mereka,  tapi gk semua anak kondisi ya seperti itu ada juga yang menggunakan tas dan sepatu tapi masih segelintir..
Dan, disitulah aku belajar banyak tentang bahasa dan kepercayaan yang kadang kadang kalu diingat ingat terdengar konyol….
Aku yang sejak kecil dibiasakan oleh orang tua menggunakan bahasa Indonesia , sedikit karena tidak semua anak di SD tempat aku belajar terbiasa menggunakan bahasa indonaesia , tapi aku rasa itu adalah salh satu keuntungan buat ku mempelajari bahasa tradisional sukuku yaitu bahasa Sasak.. dan mulailah pegetahuan pengetahuan konyol ku dapatkan dari teman teman unik q,
Pertama dalah , mereka sering mengatakan kalau kamu makan semanggka terus dilanjutkan dengan minum es kamu akan mati!!!!!!, bukankah itu mengerikah pemirsahhhhhh….
Tanpa ada penjelasan lebih lanjut tentang reaksi kimia apa yang terjadi jika kedua bahan itu dicampur yang jelas kamu  kamu bakal mati…
Yang kedua adalah cerita tentang ulat jengkal , aku gak tau entah itu nama asli atau buatan temen temen aku, yang jelas katanya kalau ulat jengkal melata di tubuh kamu sepanjang sepuluh jengkal kamu lagi lagi akan mati..!!
Dan pengetahuan terkonyol adalah,  obat sakit perut… bagi kalian semua yang sering kebelet dan sakit perut  jangan khawatir karena hal itu bisa disembuhkan dimana saja selama kamu masih bertengger di bumi tercintaaaa,,, dan pbat ajaib itu adalah BATU…!!!! What..? batu ? yup, .. jadi kamu ambil bau kerikil dan pegang erat erat saat kamu kebelet maka rasa kebelet kamu hilang , dan buat yang kronis dosisnya harus nambah yaitu kamu pakai 2 batu yang sayu kamu taruh dip user kamu dan yang satu kamu gengam erat erat dan lama kelamaan rasa kebelet dan sakit perut kamu bakal hilang….. WOW MAGIC..!!!( trust me its work) *ngomong ala iko uwais, di iklan elmen*
Karena dulu aku masih lugu, rapuh dan rada bego’ , alhasil aku percaya saja ilmu kedokteran konyol itu.. haha, dan dari dulu aku jadi terbiasa de ngan ilmu kedokteran tradisional itu,, sama seperti keroan yang katanya bisa menyembuhkan masuk angin,, jadi pas kamu dikerokitu angin keluar dari tubuh kamu  ada juga yang bilang semakin merah hasil keroan semakin banyak angin di tubuh kamu jadi semakin terang warna merah ditubuh kamu berbanding lurus dengan seberapa parah sakit kamu.
Eng ing eng, penegbotan yang satu ini namanya pertuk aku gak tau ya bahasa indonesianya yang jelas di Lombok tempet aku ini nama nya pertuk, jadi pertuk itu katanya adalah obat pusing bagi siapa saja yang suka pusing dan gak ada waktu ataupun uang buat berobat bisa coba yang satu ini di rumah praktis….
jad i kamu ambil beberapa jumput rambut kamu tepat dimana kamu ngerasa pusing dan , 1, 2, 3, ka mu tarik itu rambut dengan kekuatan yang bcukup sampai berbunyi , “kluk” di rambut kamu dan katanya kamu bakal ngerasa fly stelah itu…
pertuk juga sering jadi pengobatan buat orang yang kesurupan???? *Sedikit diragukan * jadi pas bunyi “kluk” setanya keluar kaleeee ya…
setelah segela penegetahuan konyol yang aku dapat di SD akupun lulus dan melanjutkan ke SMP, tapi tetap dengan berbekal ilmu kedokteran konyol ku… ternyata  di SMP aku walaupun sudah metropolitan tidak lepas dari yang namanya ilmu kedokteran konyol..haha seperti beberapa percaya kalau duduk di atas bantal bakal buat pantat kamu bisulan..!!!
apa hubunganya coba????? Jadi kesimpulanya orang jepang yang duduk di tempat yang bentuknya kaya bantal bakal bisulan erus dong ya……?
Dan ternyata praktek pertuk kurasa sudah mendunia dan jadi bagian kehidupan masyarakat Lombok , karena pada suatu hari aku gak inget itu hari apa tapi yang aku ingat waktu itu aku kelas 2 SMP dan kelas sedang kosong , sekedar info SMP tempat aku sekolah memisahkan kelas perempuan dan laki laki . jadi bisa di tebak apa yang di lakukan kelas aku yang notabene isinya perempuan semu saat kelas kosong..
BENAR, gossip adalah pilihan pertama, ada juga yang sekedar tidur malas malasan beberapa membaca novel picisan , maklum kita kan udah gede.. ABG gituuuuu
Ada juga yang memilih maen bekel, dan ada juga yang membuka pengobatan gratis sodara sodara seperti pijat dan lain lain..
Jadi waktu itu  temen sekelas aku namanya rani merasa pusing pusing dan karena kelas sedang kosong  dia minta teman aku cewek yang duduk tepat di belakng bangku aku linda buat mempraktekan ilmu kedokteran konyol itu yaitu , ‘PERTUK”  sodara sodara .. tanpa ragu linda mengiyakan buat membatu orang yang sedang menderita itu..
Langsunglah meraka membenarkan posisi, dan rani menunjukan letak rasa pusingnya, linda yang diberi penjelasan mangut mangut sambil mulai mengambil sejumput rambut dan bersiap,,,
Aku yang dari tadi duduk di bangku aku , dengan kesoktauan ko yang sebakul aku menghentikan linda, dan bilang ke dia bahwa perhitunganya salah ..
“ sekedar info, dalam melakukan pertuk .. perhitunagan tentang berapa tebal jumputan rambut sangat penting karena akan menyebabkan kesakitan yang teramat snagat jika terjadi kesalahan”
Dengan gaya ala , dr Oz yang sering tampil di acara Oprah aku mengoraksi  linda, linda hanya manggut dan melakukan yang aku bilang.. dan 1,2,3..
“KLuk” terdengar sangat keras , wah wah ternyata rani benar benar sakit fikir ku .. dengan gerakan slow motion aku alihkan pandangan ku ke rani , ku lihat wajahnya agak mesem mesem sambil meringis memegangi kepalanya..
Sejurus kemudian aku melihat lurus tepat kea rah kepla rani.. aku ter belalak sejenak di kepala rani tepat di bagian ubun ubun terdapat sejenis pitak temporer dan kulitnya seedikit berdenyut..
Akupun memalingkan wajah ke linda, yang masih tertohokdan menatap nanar kea rah genggamanya yang memegang sejumput rambut yang tercabut sampai akarnya itu..
Dan reflek linda langsung meminta maaf kepada rani.., aku yang sebenarnya adalah tersangka dari kejadian itu memilih pura pura gak ikut campur. Itu memang hari sialnya rani kasihan sekali dia bukanya malah pusingnya yang hilang tapi sejumput rambut plus pitak temporer yag dia dapat..
Tiba tiba kelas sepi, semu tatapn menuju kearah kami, mereka melihat ke rani yang sednag memegangi kepalanya dan , hahahahawahaewahawaha, anak anka sekelas tertawa
Rani hanya mesem mesem malu. Kasian kasian kasian.. :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar